Gaya Belajar 🤔

 Apa Kecenderungan Tipe Gaya Belajarmu ?

Gaya belajar merupakan cara individu memproses informasi dan mengelola suatu informasi. Gaya belajar dapat mencerminkan bagaimana individu memahami dan menyerap informasi baru dan bagaimana mereka ingin menggunakannya dalam situasi tertentu. Dalam pembelajaran, setiap peserta didik pada umumnya memiliki gaya belajar yang berbeda-beda Ada peserta didik yang lebih mudah memahami pembelajaran secara visual, ada yang melalui praktik, dan ada yang cukup dengan metode ceramah. 

Tipe Visual

Gaya belajar visual menyerap informasi terkait dengan visual, warna, gambar, peta, diagram dan belajar dari apa yang dilihat oleh mata. Artinya bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham, gaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu buktinya untuk kemudian mempercayainya.

Tipe Auditori

Gaya belajar auditori adalah gaya belajar dengan cara mendengar, yang memberikan penekanan pada segala jenis bunyi dan kata, baik yang diciptakan maupun yang diingat. Gaya pembelajar auditori adalah dimana seseorang lebih cepat menyerap informasi melalui apa yang ia dengarkan. Penjelasan tertulis akan lebih mudah ditangkap oleh para pembelajar auditori ini.

Tipe Kinestetik

Gaya belajar kinestetik dapat belajar paling baik dengan berinteraksi atau mengalami hal-hal di sekitarnya. Gaya pembelajar kinestetik cenderung mampu memahami sesuatu dengan adanya keterlibatan langsung, daripada mendengarkan ceramah atau membaca dari sebuah buku. Gaya belajar kinestetik suka melakukan hal-hal dan menggunakan tubuh mereka untuk mengingat fakta, seperti "memanggil" (dialing) nomor telepon pada telepon genggam mereka. Gaya belajar kinestetik, berarti belajar dengan menyentuh dan melakukan.


Mari Kita Coba Cari Tahu 😊
  • Cek gaya belajar untuk kelas 7 
  • Cek gaya belajar untuk kelas 8
  • Cek gaya belajar untuk kelas 9